Cara Ampuh agar Air Kolam Renang Tetap Jernih & Bersih

Cara Ampuh agar Air Kolam Renang Tetap Jernih & Bersih

Memiliki kolam renang merupakan pelengkap tambahan sebuah identitas bagi pemiliknya. Selain menambah nilai jual sebuah rumah, mempunyai kolam renang akan memberikan nilai tambah tersendiri dimata kita, saudara bahkan mungkin kolega dan relasi Anda. Biaya pembuatan dengan kontraktor kolam renang dan perawatan kolam renang yang mahal, mengkondisikan bahwa tidak setiap orang bisa memiliki kolam renang pribadi.

Mempunyai kolam renang memang sangat bermanfaat. Apalagi jika rumah anda sering mengadakan acara-acara seperti pesta, berkumpul keluarga. Kolam renang akan terasa manfaatnya sebagai penambah keindahan. Bahkan ada juga yang membuat foto pre wedding dengan backgraound kolam renang.

Banyaknya manfaat yang didapat dari kolam renang, sehingga kebersihan kolam renang menjadi kebutuhan penting bagi pemiliknya. Tentunya anda tidak mau, acara keluarga terganggu gara-gara kolam renang Anda nampak kumuh, kotor dan kurang jernih.

Berbicara tentang kolam renang, maka tidak akan terlepas dari perawatanya. Kali ini kita akan mengulas tentang cara membuat air kolam renang agar tetap jernih dan bersih.

Tetaplah mengikuti pembahasan ini, karena saya akan megulas secara gamblang berdasarkan pengalaman. Bagaimana cara saya mengatasi permasalahan kolam renang yang terbilang susah-susah mudah. Susah bagi yang benar-benar memperhatikan standar ideal dan mudah bagi yang tidak memperhatikan batas standar ideal.

Sering kali petugas kolam renang direpotkan dengan kondisi kolam renang kotor, akibat penambahan air hujan atau penambahan air sumur. Hal tersebut tidak akan terjadi, jika Anda paham apa yang harus dikerjakan untuk melakukan pecegahan. Ada banyak yang harus diperhatikan mengenai cara menjaga kebersihan air kolam renang tetap jernih dan bersih.

Berikut langkah-langkah perawatan untuk menjaga agar air kolam renang tetap jernih dan bersih.

  1. Tes Kadar pH dan cL. Cara ini merupakan langkah awal yang harus dilakukan. Dengan mengetes kadar cL dan pH anda akan tau chemical apa yang harus ditambahkan.
  2. Vacuum Kolam Renang. Vacuum kolam renang harus rutin dilakukan, agar kotoran yang mengendap dapat terangkat.
  3. Backwash Filter Kolam Renang. Backwash filter perlu dilakukan setelah proses vacuum kolam renang selesai. Hal tersebut bertujuan, agar kotoran pada tabung filter terbuang dan kotoran tidak kembali melalui inlet fitting. Backwash filter juga berfungsi untuk memaksimalkan kinerja filter.
  4. Angkat Debu Menggunakan Leaf Skimmer. Menyaring debu yang mengambang dipermukaan kolam renang juga penting dilakukan, karena penumpukan debu berlebihan sangaat menganggu pemandangan anda. selain itu penumpukan debu berpotensi turun ke dasar kolam renang dan memicu tumbuhnya alga, kolam jadi berwarna kehijauan, berlumut.

Nah, empat cara tersebut merupakan tahap awal yang harus dilakukan secara rutin. Selain empat poin tersebut di atas masih ada hal lain lagi yang perlu dikerjakan, karena kolam renang tidak akan tetap jernih dan bersih hanya dengan melakukan empat pekerjaan tersebut.

Perihal lainnya yaitu mengenai penambahan chemical / obat-obatan kimia. Mari kita membahas chemical apa saja yang diperlukan agar kolam renang kita senantiasa terlihat jernih dan bersih.

Perlu di ingatkan juga, penggunaan chemical pada pembahasan saya hanya untuk kondisi kolam bersih / bening. Lain cerita jika untuk kolam renang kotor atau berlumut. Yuk mari kita lanjutkan.

BERIKUT CHEMICAL YANG DIGUNAKAN AGAR KOLAM TETAP JERNIH dan BERSIH

Sekali lagi perlu diingat, bahwa penambahan obatan-obatan di bawah ini hanya berlaku jika konsidsi awal air kolam renang dalam kondisi bersih jernih. Jadi Pemberian chemical dengan formula di bawah ini untuk mempertahankan agar air kolam renang tetap jernih dan bersih.

  1. Granular / kaporit 90%. Pada saat kadar chlorine dalam posisi ideal, penambahan granular pada kisaran tiga seper empat kg. Granular berfungsi mempertahankan kadar chlorin agar tetap pada level ideal dan menghambat pertumbuhan lumut. Takaran ini sesuai dengan standar ideal penggunaan dan standar keamanan yang dianjurkan. Kami dapat memasukan berapa kilo pun sesuai permintaan, akan tetapi jika ada efek pada kulit akibat penggunaan obat berlebihan sudah diluar standar kami.
  2. Soda ash. Tambahkan tiga seper empat kg pada kolam renang normal. Soda ash berfungsi menghilangkan bau anyir apabila dilakukan penambahan air sumur.
  3. Terusi (Copper Sulphate).  Masukan terusi kedalam mesin kolam renang satu genggam. Tujuan terusi dimasukan pada mesin, agar cepat memberi efek pada air kolam. Fungsi terusi memberikan efek kebiruan pada air kolam. Penggunaan terusi harus diperhatikan, minimal 2 minggu sekali pada kondisi kolam normal.
  4. Kaporit tablet 90%. Tambahkan dua keping tablet. Tablet sangat berfungsi pada saat musim penghujan dan adanya penambahan air pada kolam renang. Fungsi tablet sebernarnya sama seperti granular. Kaporit tablet lebih berfungsi mencegah menurunya kadar chlorine akibat penambahan air hujan maupun air sumur.

Jika cara-cara ini sudah dilakukan maka, kolam renang anda akan terlihat indah dan terjaga kejernihanya. Takaran penggunaan obat diatas hanya untuk kolam renang pribadi. Banyak faktor penyebab kolam renang menjadi kotor seperti penambahan air sumur, penambahan air hujan yang berlebihan. Tentunya, penggunaan obat dapat ditambahkan sesuai kondisi air kolam renang. Luas kolam renang juga berpengaruh terhadap penggunaan chemical / obat kolam. Kebersihan kolam renang memang terlihat sepele, tetapi menjadi masalah serius ketika Anda sedang membutuhkan.

Demikian pembahasan sederhana semoga memberi gambaran dan bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba…